Liburan yang Bermanfaat

liburan yang baik adalah liburan yang bermakna.

Sebaiknya ada sesuatu hikmah yang dapat diambil, bukan sekadar liburan, tapi juga melatih kemandirian.

**
BAGAIMANAKAH Islam memandang kegiatan liburan yang berlangsung di kalangan siswa sekolah? Bagaimanakah pemanfaatan waktu dalam perspektif agama Islam?

Mubalig, Ir. H.D. Sodik Mudjahid, M.Sc., mengatakan bahwa Islam memberi tuntunan kepada umatnya untuk selalu memanfaatkan waktu, baik itu saat liburan, bekerja maupun belajar. Islam mengajarkan kepada para pemeluknya untuk menghargai waktu masa silam, masa kini, dan masa mendatang.

“Sungguh, amat merugilah orang yang menyia-nyiakan waktunya. Itu prinsip utamanya yang harus dipahami berkaitan dengan waktu. Adapun soal bagaimana mengisi waktu di masa liburan, tentunya diserahkan kepada setiap Muslim,” ujar Sodik Mudjahid.

Pengamat pendidikan, H. Nanang Iskandar Ma’soem, S.E., M.S. berpendapat, masa liburan bagi para siswa hendaknya benar-benar dipergunakan untuk liburan yang bermanfaat. Sebaliknya, masa belajar harus dipergunakan buat belajar. Artinya, setiap penyelenggara kegiatan belajar-mengajar harus memahami prinsip tersebut dan jangan membaliknya. Misalnya, waktu belajar disia-siakan, sedangkan saat liburan dipakai untuk kegiatan belajar.

“Di sekolah Al Ma’soem, misalnya, dirancang program kegiatan belajar-mengajar secara kualitatif. Pembagian waktunya diperhitungkan secara baik, dengan harapan agar tidak ada waktu yang tersia-siakan. Prinsipnya, siswa diberi waktu belajar seoptimal mungkin. Jika masa liburan tiba, ya, siswa diberikan kesempatan berlibur. Sementara pada masa Ramadan, siswa diberi stimulus untuk mengisi waktunya dengan mengikuti program pesantren kilat yang diadakan Al Ma’soem,” tutur Nanang Iskandar.

Apa bentuk liburan yang bermanfaat?

Sejumlah narasumber suplemen Hikmah menyebutkan hal senada, liburan yang bermanfaat itu pada hakikatnya sangat beragam. Ada yang berupa berlibur ke suatu objek wisata, mengikuti pesantren kilat, menjadi peserta out bound, berkemah dan panjat tebing suatu gunung, atau di rumah saja, tetapi dalam keadaan membuat program “liburan” sendiri seperti berbenah rumah, berkebun, dllnya.

Dalam kaitan ini, beberapa sumber di kalangan alim ulama mengutipkan hadis yang diriwayatkan Ahmad dari Abi Hurairah r.a., yang bunyinya, “Bepergianlah kalian, niscaya sehat. Berjuanglah kalian, niscaya berkecukupan.”

Berlibur, apalagi ke alam terbuka, itu cenderung akan menjadikan tubuh sehat. Ada kesegaran baru dalam otak atau pemikiran seseorang, bilamana kegiatan berlibur itu diamalkan secara proposional.

Sementara menurut sejarahwan Muslim Ahmad Mansur Suryanegara, Allah SWT menyuruh hamba-Nya untuk bepergian di muka bumi. Selanjutnya, diperintahkan kepada umat manusia untuk memerhatikan bagaimana Allah menciptakan makhluk dari permulaannya, kemudian Allah menjadikannya sekali lagi. Sesungguhnya Allah Mahakuasa atas segala sesuatu.

Berlibur atau berwisata, menurut mubalig, Drs. Saefuddin A.S.M. kegiatan berwisata itu bermanfaat untuk mempertebal iman, meningkatkan tafakur (QS Ali Imran ayat 190-191 tentang merenungi ciptaan alam semesta), memperluas ta’aruf (QS Al Hujurat ayat 13), menjadikan objek wisaya sebagai ibrah (pelajaran).

Lalu, objek liburan atau wisata mana saja yang layak dan baik untuk dikunjungi?

Itulah persoalannya, ungkap beberapa narasumber Hikmah. Alasannnya, banyak objek wisata atau tempat berlibur yang layak dikunjungi, namun secara pendidikan cenderung kurang tepat. Oleh karena itu, terlepas dari apa jenis kegiatannya dan tempat pelaksanaannya, yang jelas masa liburan harus dimanfaatkan untuk hal-hal yang bermanfaat. Bila tidak, tentu kita akan termasuk orang yang merugi karena menyia-nyiakan waktu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s